Antisipasi Erupsi Merapi, Polda Jateng Siaga Posko Tanggap Bencana Magelang

17 November 2020 - 15:06 WIB
www.tribratanews.com – Magelang. Satuan Brimob Polda Jateng telah disiagakan di Posko Tanggap Bencana di Kabupaten Magelang untuk antisipasi erupsi Gunung Merapi. Selain personel, Brimob juga menyiapkan peralatan SAR, dapur lapangan, water treatment dan lima unit kendaraan truk untuk evakuasi warga.  

Komandan Batalyon A Pelopor, Kompol Supandi, mengatakan Brimob Polda Jateng menyiagakan personel dan peralatan SAR di lapangan Jumoyo, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Selain peralatan SAR, disiapkan juga dapur lapangan yang mampu memasak 1.500 porsi makanan siap saji dalam waktu 2 jam.  

Water treatment digunakan untuk mengubah air kotor menjadi air minum dan lima unit kendaraan truk yang siap digunakan untuk mengevakuasi warga. Posko di Magelang ini didirikan atas perintah Dansat Brimob untuk membantu warga terdampak Erupsi Gunung Merapi.  

Selain di Magelang Brimob Polda Jateng juga menyiagakan Posko di Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.  

"Kami dari Semarang mendirikan Posko di Magelang ini sebagai wujud kesiapan menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan jika erupsi sewaktu-waktu. Personel kami 1 kompi sudah siap, peralatan kami SAR lengkap dengan dapur lapangan dan water treatment sudah siap," pungkas Komandan Batalyon A Pelopor.

Share this post

Sign in to leave a comment