WNI di Australia Tidak Mau Ketinggalan, Bakal Meriahkan HUT Kemerdekaan

14 August 2024 - 11:00 WIB
antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Masyarakat Indonesia di Sydney, Australia tidak ingin ketinggalan memeriahkan HUT ke-79 RI. Warga berkumpul di salah satu rumah WNI yang ditunjuk berdasarkan musyawarah.

"Rumah yang ditunjuk biasanya dekat dengan lokasi pantai agar kita yang kumpul juga bisa bersantai bersama. Jumlahnya bisa mencapai lebih dari 40 WNI beserta keluarganya," ungkap salah satu WNI di Sydney, Suhartoyo dalam perbincangan dengan RRI Pro3, Selasa (13/8/24).

Menurut pria yang biasa disapa Totok ini, perayaan HUT kemerdekaan di Australia terbagi dalam beberapa spot atau lokasi. Bagi yang tinggal di Kota Sydney, mereka merayakannya di Konsulat Jenderal RI.

Baca Juga: AD Kembali Jalani Pemeriksaan Terkait Video Porno

Sementara itu, bagi yang tinggal di kota-kota kecil dan jauh jaraknya dari Sidney biasanya berkumpul di salah satu rumah WNI. Biasanya yang berkumpul berasal dari 6 sampai 7 kota kecil sekitar Sidney.

"Biasanya kami upacara bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama di halaman belakang rumah yang ditunjuk. Kemudian dilanjutkan dengan aneka lomba dan juga pertunjukan kesenian tradisional Indonesia, serta tidak ketinggalan makanan khas Indonesia," ujar Totok.

Kemeriahan tersebut kadang mengundang juga reaksi dari warga Australia sekitar lokasi. Mereka bertanya dalam rangka apa, bertanya soal lomba, dan soal kesenian yang kita tampilkan.

"Ada rasa haru sampai menitikkan air mata ketika mengibarkan bendera dan menyanyi lagu Indonesia Raya. Apalagi kami berada jauh dari tanah air dan sanak keluarga," jelasnya.

(rz/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment