Putin Akan Lawat Tajikistan-Turkmenistan Sebelum Jamu Jokowi di Moskow

27 June 2022 - 19:41 WIB

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengunjungi dua negara pecahan Uni Soviet pekan ini sebelum menjamu kedatangan Presiden Joko Widodo di Moskow.

Stasiun televisi pemerintah Rusia, Rossiya 1, melaporkan Putin akan mengunjungi Tajikistan dan Turkmenistan sebelum bertemu dengan Presiden Jokowi di Moskow. Lawatan Putin dua negara Asia Tengah itu menjadi perjalanan perdananya ke luar negeri sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu.

Di Dushanbe, Putin akan bertemu Presiden Tajikistan Imomali Rakhmon yang merupakan sekutu dekat Rusia sekaligus penguasa terlama negara tersebut.

Sementara itu, di Ashgabat, Putin akan menghadiri pertemuan puncak negara-negara Kaspia termasuk para pemimpin Azerbaijan, Kazakhstan, Iran dan Turkmenistan.

Dikutip Reuters, Putin juga berencana mengunjungi Belarus pada 30 Juni dan 1 Juli untuk menghadiri sebuah forum bersama Presiden Belarus Alexander Lukashenko, menurut kantor berita RIA mengutip Valentina Matviyenko.

LawatanPutin ini berlangsung ketika Rusia masih terus menggempur wilayah timur Ukraina.

usia berhasil menguasai wilayah Severodonetsk. Dengan begitu, Rusia hampir mencaplok seluruh wilayah timur Ukraina.
Severodonetsk berhasil direbut sepenuhnya oleh Rusia setelah menjadi medan pertempuran selama berminggu-minggu.

Pasukan militer Rusia juga kembali membombardir Ibu Kota Ukraina, Kyiv, pada Minggu (26/6) pagi.

Serangan itu diluncurkan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman yang akan dihadiri sejumlah pemimpin negara, termasuk Jokowi.

Dikutip dari AFP, Wali Kota Kyiv Vitali Klitschko mengatakan serangan pertama di Kyiv dalam hampir tiga minggu terakhir dimaksudkan untuk mengintimidasi Ukraina menjelang KTT NATO.

Share this post

Sign in to leave a comment