Menteri Luar Negeri Tegaskan Indoneseia Konsisten Mendukung Bangsa Palestina

10 August 2024 - 18:30 WIB
RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Bangsa Indonesia menegaskan komitmennya yang akan terus mendukung dan membela bangsa Palestina. Penegasan komitmen tersebut disampaikan kepada Mahmoud Al-Habbash, Penasihat Presiden Otoritas Palestina untuk Urusan Agama, yang mengunjungi Indonesia.

"Ibu Menlu menggunakan kesempatan ini, menyampaikan bahwa Indonesia akan terus konsisten membela keadilan dan kemanusiaan bangsa Palestina," ujar Juru Bicara Kemlu, Roy Sumirat, dilansir dari laman RRI, Jumat (8/8/24).

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri, juga membahas berbagai aspek bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Diskusi keduanya juga mencakup implementasi fatwa hukum yang diputuskan Mahkamah Internasional (ICJ).

Isi putusan tersebut menyatakan bahwa okupasi Israel di tanah Palestina adalah ilegal. Fatwa ICJ juga melarang kebijakan dan praktik yang terkait dengan okupasi tanah Palestina.

Mahmoud Al-Habbash, yang juga merupakan Hakim Syariah Tertinggi di Otoritas Palestina, memiliki perhatian khusus pada hukum internasional. Menlu menekankan Indonesia akan mendorong implementasi rekomendasi ICJ di berbagai badan PBB.

Dukungan tersebut termasuk mendorong implementasi rekomendasi ICJ pada Sidang Majelis Umum PBB dan Dewan Keamanan.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment