Gempa Magnitudo 7.1 Guncang Wilayah Pulau Kyushu, Jepang

8 August 2024 - 19:30 WIB
ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Gempa dengan kekuatan magnitudo 7,1 mengguncang Pulau Kyushu, Jepang, Kamis, (8/8/24) gempa terjadi sekitar pukul 14.42 WIB. Gempa ini memicu tsunami dengan potensi ketinggian kurang dari satu meter.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa di Kyushu, tidak akan membawa dampak apapun terhadap wilayah Indonesia. Ancaman tsunami hanya akan terjadi di daerah pusat gempa terjadi.

"Hasil pemodelan tsunami TOAST oleh BMKG menunjukkan bahwa gempa ini dapat memicu tsunami di sekitar pusat gempa, namun tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia," jelas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dilansir dari tekno.tempo.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan hiposenternya, gempa ini merupakan jenis gempa dangkal yang diduga dipicu aktivitas subduksi Nankai Trough dengan mekanisme sesar naik (thrust fault)," tambahnya.

Gempa itu, berdampak dan dirasakan paling kuat di Prefektur Miyazaki dengan skala intensitas mencapai VI-VII MMI dan berpotensi menimbulkan kerusakan.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment